Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Herbert Spencer dan Pengaruhnya di Berbagai Bidang

Herbert Spencer (27 April 1820 – 8 Desember 1903) adalah seorang filsuf Inggris, biologi, sosiolog, dan ahli teori politik klasik terkemuka liberal dari era Victoria.

Spencer mengembangkan suatu konsepsi yang mencakup semua evolusi sebagai perkembangan progresif dari dunia fisik, biologis organisme, pikiran manusia, dan budaya manusia dan masyarakat. Dia adalah “eksponen antusias evolusi” dan bahkan “menulis tentang evolusi sebelum Darwin lakukan.” Sebagai polymath, ia memberikan kontribusi untuk berbagai mata pelajaran, termasuk etika, agama, antropologi, ekonomi, teori politik, filsafat, biologi, sosiologi, dan psikologi. Selama hidupnya ia mencapai otoritas yang luar biasa, terutama dalam berbahasa Inggris akademisi. “Filsuf hanya Inggris lainnya telah mencapai sesuatu seperti popularitas yang luas seperti itu Bertrand Russell, dan itu pada abad ke-20.” Spencer adalah “intelektual Eropa yang paling terkenal di dekade penutupan abad kesembilan belas” namun pengaruhnya menurun tajam setelah 1900, “Siapa yang sekarang membaca Spencer?” tanya Talcott Parsons pada tahun 1937.
Spencer terkenal karena coining konsep “survival of the fittest”, yang ia lakukan dalam Prinsip Biologi (1864), setelah membaca Charles Darwin On the Origin of Species. Istilah ini sangat menunjukkan seleksi alam, belum. Sebagai Spencer diperpanjang evolusi ke alam sosiologi dan etika, ia juga memanfaatkan Lamarckisme.


Masa Hidup


Herbert Spencer lahir di Derby, Inggris, pada tanggal 27 April 1820, putra William George Spencer (umumnya disebut George). Ayah Spencer adalah seorang pembangkang agama yang hanyut dari Methodisme ke Quakerisme, dan yang tampaknya telah dikirimkan ke anaknya oposisi terhadap segala bentuk otoritas. Ia berlari sebuah sekolah yang didirikan pada metode pengajaran progresif Johann Heinrich Pestalozzi dan juga menjabat sebagai Sekretaris Masyarakat Derby filosofis, masyarakat ilmiah yang telah didirikan pada tahun 1790 oleh Erasmus Darwin, kakek dari Charles Darwin.

Spencer dididik dalam ilmu empiris dengan ayahnya, sedangkan anggota Masyarakat Derby Philosophical memperkenalkannya kepada pra-Darwinian konsep evolusi biologis, terutama dari Erasmus Darwin dan Jean-Baptiste Lamarck. Pamannya, Pendeta Thomas Spencer, vikaris Hinton Charterhouse dekat Bath, menyelesaikan pendidikan formal yang terbatas Spencer dengan mengajarkan dia beberapa matematika dan fisika, dan cukup Latin untuk memungkinkan dia untuk menerjemahkan beberapa teks mudah. Thomas Spencer juga dicantumkan pada keponakannya perusahaan sendiri perdagangan bebas dan anti-statis pandangan politik. Jika tidak, Spencer adalah seorang otodidak yang diperoleh sebagian besar pengetahuannya dari pembacaan difokuskan secara sempit dan percakapan dengan teman-temannya dan kenalan.

Baik sebagai remaja dan seorang pemuda Spencer merasa sulit untuk menyelesaikan untuk setiap disiplin intelektual atau profesional. Dia bekerja sebagai seorang insinyur sipil selama booming kereta api dari akhir 1830-an, sementara juga mencurahkan banyak waktu untuk menulis untuk jurnal provinsi yang nonkonformis dalam agama mereka dan radikal dalam politik mereka. Dari tahun 1848 hingga 1853 ia menjabat sebagai sub-editor pada jurnal perdagangan bebas The Economist, selama waktu itu dia menerbitkan buku pertamanya, Statika Sosial (1851), yang memprediksi bahwa umat manusia pada akhirnya akan menjadi benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan hidup di masyarakat dengan konsekuensi melenyapnya negara.

Penerbit, John Chapman, memperkenalkan Spencer ke salon nya yang dihadiri oleh banyak pemikir radikal dan progresif terkemuka ibukota, termasuk John Stuart Mill, Harriet Martineau, George Henry Lewes dan Mary Ann Evans (George Eliot), dengan siapa ia sebentar hubungan romantis. Spencer sendiri memperkenalkan biologi Thomas Huxley Henry, yang kemudian akan memenangkan ketenaran sebagai ‘Darwin Bulldog’ yang tetap dan teman seumur hidup nya. Namun itu adalah persahabatan Evans dan Lewes yang mengenal dia dengan A Sistem John Stuart Mill tentang Logika dan dengan positivisme Auguste Comte dan yang mengatur dia di jalan menuju pekerjaan hidupnya. Ia sangat tidak setuju dengan Comte.

Buah pertama dari persahabatannya dengan Evans dan Lewes adalah buku kedua Spencer, Prinsip Psikologi, yang diterbitkan pada tahun 1855, yang mengeksplorasi dasar fisiologis untuk psikologi. Buku ini didirikan pada asumsi dasar bahwa pikiran manusia tunduk pada hukum-hukum alam dan bahwa ini dapat ditemukan dalam kerangka biologi umum. Ini mengizinkan adopsi perspektif perkembangan tidak hanya dari segi individu (seperti dalam psikologi tradisional), tetapi juga dari spesies dan ras. Melalui paradigma ini, Spencer bertujuan untuk mendamaikan psikologi asosiasionis Logika Mill, gagasan bahwa pikiran manusia dibangun dari sensasi atom yang diselenggarakan bersama-sama oleh hukum asosiasi ide, dengan teori tampaknya lebih ‘ilmiah’ dari phrenology, yang terletak spesifik mental yang berfungsi dalam bagian-bagian tertentu dari otak.

Spencer berpendapat bahwa kedua teori ini adalah rekening parsial dari kebenaran: asosiasi berulang dari ide-ide yang diwujudkan dalam pembentukan helai spesifik jaringan otak, dan ini dapat diteruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui mekanisme Lamarck penggunaan-warisan . Psikologi ini, dia yakin, akan dilakukan bagi pikiran manusia apa Isaac Newton telah dilakukan untuk masalah. Namun, buku itu awalnya tidak berhasil dan yang terakhir dari 251 eksemplar edisi pertama tidak dijual sampai Juni 1861.

Ketertarikan Spencer dalam psikologi berasal dari keprihatinan yang lebih mendasar yang membangun universalitas hukum alam.Secara umum dengan orang lain dari generasinya, termasuk para anggota salon Chapman, ia kerasukan gagasan menunjukkan bahwa hal itu mungkin untuk menunjukkan bahwa segala sesuatu di alam semesta – termasuk budaya manusia, bahasa, dan moralitas – dapat dijelaskan oleh hukum validitas universal. Hal ini berbeda dengan pandangan para teolog banyak waktu yang bersikeras bahwa beberapa bagian dari penciptaan, khususnya jiwa manusia, berada di luar bidang penelitian ilmiah. Comte de Philosophie Système Positif telah ditulis dengan ambisi menunjukkan universalitas hukum alam, dan Spencer adalah mengikuti Comte dalam skala ambisinya. Namun, Spencer berbeda dari Comte di percaya itu mungkin untuk menemukan hukum tunggal aplikasi universal yang ia diidentikkan dengan perkembangan progresif dan memanggil prinsip evolusi.

Karya Herbert Spencer

Pada 1858 Spencer menghasilkan garis besar apa yang menjadi Sistem Filsafat Sintetis. Ini usaha besar, yang memiliki beberapa kesamaan dalam bahasa Inggris, yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa prinsip evolusi diterapkan dalam biologi, psikologi, sosiologi (istilah Spencer Comte dialokasikan untuk disiplin baru) dan moralitas. Spencer dipertimbangkan bahwa ini bekerja sepuluh volume akan mengambil dua puluh tahun untuk menyelesaikan, pada akhirnya membawanya dua kali lebih lama dan dikonsumsi hampir semua sisa hidupnya yang panjang.

Meskipun perjuangan awal Spencer untuk membangun dirinya sebagai penulis, oleh 1870-an ia telah menjadi filsuf yang paling terkenal dari zaman. Karya-karyanya banyak dibaca selama hidupnya, dan pada 1869 ia mampu mendukung dirinya hanya pada keuntungan dari penjualan buku dan atas penghasilan dari kontribusi reguler untuk majalah Victoria yang dikumpulkan sebagai tiga volume Essays. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman, Italia, Spanyol, Perancis, Rusia, Jepang dan Cina, dan ke banyak bahasa lainnya dan ia ditawari kehormatan dan penghargaan di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Dia juga menjadi anggota dari Athenaeum, klub yang Gentleman eksklusif di London terbuka hanya untuk mereka yang dibedakan dalam seni dan ilmu pengetahuan, dan Club X, sebuah klub makan dari sembilan didirikan oleh TH Huxley yang bertemu setiap bulan dan termasuk beberapa pemikir yang paling menonjol dari zaman Victoria (tiga di antaranya akan menjadi presiden Royal Society).

Anggota termasuk fisikawan-filsuf John Tyndall dan sepupu Darwin, bankir dan biologi Sir John Lubbock. Ada juga beberapa satelit yang cukup signifikan seperti pendeta liberal Arthur Stanley, Dekan Westminster, dan tamu seperti Charles Darwin dan Hermann von Helmholtz dihibur dari waktu ke waktu. Melalui asosiasi tersebut, Spencer memiliki kehadiran yang kuat di jantung komunitas ilmiah dan mampu mengamankan penonton berpengaruh bagi pandangannya. Meskipun kekayaannya tumbuh dan ketenaran ia pernah memiliki rumah sendiri.

Dekade terakhir kehidupan Spencer yang ditandai dengan kekecewaan tumbuh dan kesepian. Dia tidak pernah menikah, dan setelah 1.855 adalah hipokondriak abadi yang mengeluh tanpa henti dari sakit dan penyakit yang dokter tidak bisa mendiagnosa. [Rujukan?] Pada tahun 1890-an pembaca nya mulai meninggalkannya sementara banyak teman-teman terdekatnya meninggal dan ia datang ke meragukan iman percaya diri dalam kemajuan bahwa ia telah membuat pusat-sepotong sistem filsafatnya. Tahun-tahun berikutnya juga orang-orang yang pandangan politiknya menjadi semakin konservatif. Sedangkan Statika Sosial telah menjadi pekerjaan seorang demokrat radikal yang percaya pada orang menilainya bagi perempuan (dan bahkan untuk anak-anak) dan nasionalisasi tanah untuk mematahkan kekuatan aristokrasi, oleh 1880-an ia telah menjadi lawan yang gigih hak pilih bagi perempuan dan membuat penyebab umum dengan pemilik tanah dari Liberty dan Properti Liga Pertahanan terhadap apa yang mereka lihat sebagai penyimpangan terhadap ‘sosialisme’ dari unsur-unsur (seperti Sir William Harcourt) dalam administrasi William Ewart Gladstone – terutama terhadap pendapat Gladstone sendiri. Pandangan politik Spencer dari periode ini diekspresikan dalam apa yang telah menjadi karyanya yang paling terkenal, The Man vs Negara.

Grave of Herbert Spencer di Highgate Cemetery. Ini adalah kebetulan bahwa makamnya dekat bahwa dari Karl Marx.

Pengecualian untuk conservativism Spencer berkembang adalah bahwa ia tetap sepanjang hidupnya lawan bersemangat imperialisme dan militerisme. Kritiknya terhadap Perang Boer terutama pedas, dan memberikan kontribusi terhadap popularitasnya menurun di Inggris.

Spencer juga menciptakan prekursor ke klip kertas modern, meskipun itu tampak lebih seperti pasak modern. Ini “mengikat-pin” yang didistribusikan oleh Ackermann & Company. Spencer menunjukkan gambar dari pin dalam Lampiran I (mengikuti Lampiran H) dari otobiografinya bersama dengan deskripsi diterbitkan kegunaannya.

Pada tahun 1902, tak lama sebelum kematiannya, Spencer dinominasikan untuk Hadiah Nobel untuk sastra. Dia terus menulis semua hidupnya, dalam tahun kemudian sering oleh dikte, sampai ia menyerah pada kesehatan yang buruk pada usia 83. Abunya yang dikebumikan di sisi timur makam London Highgate Cemetery menghadap Karl Marx. Pada pemakaman Spencer nasionalis India pemimpin Shyamji Krishnavarma mengumumkan sumbangan sebesar £ 1.000 untuk membangun sebuah jabatan dosen di Universitas Oxford dalam penghormatan kepada Spencer dan karyanya .

Sintetik Filsafat

Dasar banding Spencer untuk banyak generasinya adalah bahwa ia muncul untuk menawarkan sebuah sistem siap pakai keyakinan yang bisa menggantikan keyakinan agama konvensional pada saat kepercayaan ortodoks runtuh di bawah kemajuan ilmu pengetahuan modern. Sistem filsafat Spencer tampaknya menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk percaya pada kesempurnaan akhir dari kemanusiaan atas dasar konsepsi ilmiah maju seperti hukum pertama termodinamika dan evolusi biologi.

Pada dasarnya visi filosofis Spencer dibentuk oleh kombinasi deisme dan positivisme. Di satu sisi, ia menyerap sesuatu dari deisme abad kedelapan belas dari ayahnya dan anggota lain dari Masyarakat Derby filosofis dan dari buku-buku seperti sangat populer Konstitusi George Combe The Man (1828). Ini memperlakukan dunia sebagai kosmos desain murah hati, dan hukum-hukum alam sebagai keputusan dari ‘Menjadi transendental baik. ” Hukum alam dengan demikian statuta alam semesta diatur dengan baik yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta dengan tujuan mempromosikan kebahagiaan manusia.

 Meskipun Spencer kehilangan iman Kristen sebagai remaja dan kemudian menolak setiap ‘antropomorfik’ konsepsi Ketuhanan, ia tetap memegang teguh konsepsi ini pada tingkat hampir sub-sadar. Pada saat yang sama, bagaimanapun, dia berutang jauh lebih banyak daripada yang pernah akan mengakui untuk positivisme, khususnya dalam konsepsi dari sistem filsafat sebagai penyatuan berbagai cabang pengetahuan ilmiah. Dia juga diikuti positivisme dalam menekankan bahwa itu hanya mungkin untuk memiliki pengetahuan yang fenomena dan karenanya bahwa itu menganggur untuk berspekulasi tentang sifat realitas. Ketegangan antara positivisme dan deisme sisa nya berlari melalui Sistem seluruh

Filsafat Sintetis.

Spencer mengikuti Comte dalam bertujuan untuk penyatuan kebenaran ilmiah, melainkan dalam pengertian ini bahwa filsafatnya bertujuan untuk menjadi ‘sintetik. ” Seperti Comte, ia berkomitmen untuk universalitas hukum alam, gagasan bahwa hukum-hukum alam yang diterapkan tanpa kecuali, ke alam organik sebanyak untuk anorganik, dan pikiran manusia sebanyak ke seluruh ciptaan. Tujuan pertama dari Filsafat sintetis dengan demikian untuk menunjukkan bahwa tidak ada pengecualian untuk dapat menemukan penjelasan ilmiah, dalam bentuk hukum alam, dari semua fenomena alam semesta. Volume Spencer pada biologi, psikologi, dan sosiologi yang semuanya ditujukan untuk menunjukkan keberadaan hukum alam dalam disiplin ilmu tertentu. Bahkan dalam tulisannya mengenai etika, ia berpendapat bahwa tidak mungkin untuk menemukan ‘hukum’ moralitas yang memiliki status hukum alam sementara masih memiliki konten normatif, suatu konsepsi yang dapat ditelusuri ke Combe Konstitusi tentang Man.

Tujuan kedua dari Filsafat sintetis adalah untuk menunjukkan bahwa hukum-hukum yang sama mau melahirkan kemajuan. Berbeda dengan Comte, yang menekankan hanya kesatuan metode ilmiah, Spencer mencari penyatuan pengetahuan ilmiah dalam bentuk pengurangan semua hukum alam untuk salah satu hukum dasar, hukum evolusi. Dalam hal ini, ia mengikuti model yang ditetapkan oleh penerbit Edinburgh Robert Chambers di Vestiges anonim Sejarah Alam Penciptaan (1844). Meskipun sering dianggap sebagai pelopor ringan dari Charles Darwin The Origin of Species, buku Chambers ‘pada kenyataannya program untuk penyatuan ilmu yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa Laplace hipotesis nebula asal usul tata surya dan teori Lamarck transformasi spesies yang kedua kasus (di Lewes ‘frase)’ satu generalisasi megah perkembangan progresif. ” Chambers dikaitkan dengan salon Chapman dan karyanya menjabat sebagai template diakui untuk Filsafat Sintetis.
Artikulasi yang jelas pertama dari perspektif evolusi Spencer terjadi di, esainya ‘Kemajuan: Hukum Its dan Penyebab’, diterbitkan di Chapman Westminster Ulasan tahun 1857, dan yang kemudian membentuk dasar dari Prinsip Pertama Sistem Baru of Philosophy (1862).

Di dalamnya ia menguraikan teori evolusi yang dikombinasikan wawasan dari esai Samuel Taylor Coleridge ‘Teori of Life’ – sendiri turunan dari Friedrich von Schelling Naturphilosophie – dengan generalisasi hukum von Baer perkembangan embriologis. Spencer mengemukakan bahwa semua struktur di alam semesta terbentuk dari sebuah homogenitas, sederhana dibeda-bedakan, ke heterogenitas, kompleks dibedakan,, sambil ditemani oleh proses integrasi yang lebih besar dari bagian-bagian yang berbeda. Proses evolusi dapat ditemukan di tempat kerja, Spencer yakin, seluruh kosmos. Itu adalah hukum universal, berlaku untuk bintang-bintang dan galaksi sebanyak untuk organisme biologis, dan organisasi sosial manusia sebanyak ke pikiran manusia. Ini berbeda dari hukum-hukum ilmiah lain hanya dengan umum yang lebih besar, dan hukum dari ilmu-ilmu khusus dapat ditampilkan sebagai ilustrasi dari prinsip ini.

Ini upaya untuk menjelaskan evolusi kompleksitas secara radikal berbeda dari yang ditemukan di Origin of Species Darwin yang diterbitkan dua tahun kemudian. Spencer sering, cukup keliru, diyakini hanya disesuaikan dan pekerjaan umum Darwin tentang seleksi alam. Tetapi meskipun setelah membaca karya Darwin ia menciptakan ‘survival of the fittest’ frase sebagai istilah sendiri untuk konsep Darwin, dan sering disalahpahami sebagai seorang pemikir yang hanya menerapkan teori Darwin kepada masyarakat, ia hanya enggan dimasukkan seleksi alam dalam nya sudah ada sistem secara keseluruhan. Mekanisme utama transformasi spesies yang ia mengakui itu Lamarck penggunaan-warisan yang mengemukakan bahwa organ dikembangkan atau berkurang dengan menggunakan atau tidak digunakan, dan bahwa perubahan yang dihasilkan dapat ditularkan kepada generasi mendatang.

Spencer percaya bahwa ini mekanisme evolusi juga diperlukan untuk menjelaskan ‘lebih tinggi’ evolusi, khususnya pembangunan sosial kemanusiaan. Selain itu, berbeda dengan Darwin, ia memegang bahwa evolusi memiliki arah dan titik akhir, pencapaian keadaan akhir keseimbangan. Dia mencoba menerapkan teori evolusi biologis untuk sosiologi. Ia mengusulkan bahwa masyarakat adalah produk dari perubahan dari rendah ke bentuk yang lebih tinggi, seperti dalam teori evolusi biologi, bentuk terendah kehidupan dikatakan berkembang menjadi bentuk yang lebih tinggi. Spencer menyatakan bahwa pikiran manusia telah berevolusi dengan cara yang sama dari respon otomatis sederhana hewan yang lebih rendah untuk proses penalaran dalam pria berpikir. Spencer percaya pada dua jenis pengetahuan: pengetahuan yang didapat oleh individu dan pengetahuan yang didapat oleh perlombaan. Intuisi, atau pengetahuan yang dipelajari secara tidak sadar, adalah pengalaman yang diwariskan dari perlombaan.

Sosiologi

Spencer membaca dengan kegembiraan sosiologi positivis asli Auguste Comte. Seorang filsuf ilmu pengetahuan, Comte telah mengusulkan teori evolusi sosiokultural masyarakat yang berkembang dengan hukum umum dari tiga tahap. Menulis setelah berbagai perkembangan dalam biologi, bagaimanapun, Spencer menolak apa yang dianggapnya sebagai aspek ideologis positivisme Comte, mencoba merumuskan ilmu sosial dalam hal biologi evolusi. Satu luas mungkin menggambarkan sosiologi Spencer sebagai sosial Darwinistic (meskipun tegasnya dia adalah seorang pendukung Lamarckisme daripada Darwinisme).

Perkembangan evolusi dari yang sederhana, homogenitas dibeda-bedakan ke kompleks, heterogenitas dibedakan dicontohkan, Spencer berpendapat, dengan perkembangan masyarakat. Dia mengembangkan teori dua jenis masyarakat, militan dan industri, yang berhubungan dengan perkembangan evolusi ini. Masyarakat militan, terstruktur sekitar hubungan hirarki dan ketaatan, adalah sederhana dan dibeda-bedakan, masyarakat industri, berdasarkan sukarela, kewajiban sosial kontrak diasumsikan, adalah kompleks dan dibedakan. Masyarakat, yang Spencer dikonseptualisasikan sebagai ‘organisme sosial’ berevolusi dari negara sederhana ke yang lebih kompleks sesuai dengan hukum universal evolusi. Selain itu, masyarakat industri adalah keturunan langsung dari masyarakat ideal dikembangkan di Statika Sosial, meskipun Spencer sekarang equivocated mengenai apakah evolusi masyarakat akan menghasilkan anarkisme (seperti yang pertama kali percaya) atau apakah itu menunjuk peran lanjutan bagi negara, meskipun satu dikurangi menjadi fungsi minimal penegakan kontrak dan pertahanan eksternal.

Meskipun Spencer membuat beberapa kontribusi yang berharga untuk sosiologi awal, paling tidak dalam pengaruhnya pada fungsionalisme struktural, upaya untuk memperkenalkan ide-ide Lamarck atau Darwin ke dalam bidang ilmu sosial tidak berhasil. Hal ini dianggap oleh banyak, lebih jauh lagi, untuk menjadi aktif berbahaya. Hermeneuticians periode, seperti Wilhelm Dilthey, akan pelopor perbedaan antara ilmu-ilmu alam (Naturwissenschaften) dan manusia ilmu (Geisteswissenschaften). Pada 1890-an, Émile Durkheim mendirikan sosiologi akademis formal dengan penekanan kuat pada penelitian sosial praktis. Pada pergantian abad ke-20 generasi pertama sosiolog Jerman, terutama Max Weber, telah disajikan antipositivism metodologis.


Etika Herbert Spencer


Titik akhir dari proses evolusi akan penciptaan ‘manusia yang sempurna dalam masyarakat yang sempurna’ dengan manusia menjadi benar-benar disesuaikan dengan kehidupan sosial, seperti yang diramalkan dalam buku pertama Spencer. Perbedaan utama antara konsepsi Spencer sebelumnya dan kemudian dari proses ini adalah skala waktu evolusi yang terlibat. Psikologis – dan karenanya juga moral – konstitusi yang telah diwariskan kepada generasi sekarang oleh nenek moyang kita, dan yang kita pada gilirannya akan menyerahkan kepada generasi mendatang, sedang dalam proses adaptasi bertahap dengan persyaratan hidup dalam masyarakat. Misalnya, agresi adalah naluri kelangsungan hidup yang telah diperlukan dalam kondisi primitif hidup, tetapi maladaptif dalam masyarakat maju. Karena naluri manusia memiliki lokasi tertentu di helai jaringan otak, mereka tunduk pada mekanisme Lamarck penggunaan-warisan sehingga modifikasi bertahap dapat ditularkan ke generasi mendatang. Selama banyak generasi proses evolusi akan memastikan bahwa manusia akan menjadi kurang agresif dan semakin altruistik, yang akhirnya menuju masyarakat yang sempurna di mana tak seorang pun akan menimbulkan rasa sakit yang lain orang.

Namun, untuk evolusi untuk menghasilkan individu yang sempurna itu perlu bagi generasi sekarang dan mendatang untuk mengalami ‘alami’ konsekuensi dari perilaku mereka. Hanya dengan cara ini akan individu memiliki insentif yang diperlukan untuk bekerja pada perbaikan diri dan dengan demikian untuk menyerahkan konstitusi moral yang ditingkatkan untuk keturunan mereka. Oleh karena itu apa pun yang mengganggu hubungan ‘alami’ perilaku dan konsekuensi yang harus dilawan dan ini termasuk penggunaan kekuasaan koersif negara untuk mengurangi kemiskinan, menyediakan pendidikan umum, atau memerlukan vaksinasi wajib. Meskipun Pemberian amal itu harus didorong bahkan harus dibatasi oleh pertimbangan bahwa penderitaan adalah sering hasil dari orang yang menerima konsekuensi dari tindakan mereka. Kebajikan individu maka terlalu banyak diarahkan ke ‘tidak layak miskin’ akan mematahkan hubungan antara perilaku dan konsekuensi bahwa Spencer dianggap fundamental untuk memastikan kemanusiaan yang terus berevolusi ke tingkat yang lebih tinggi pembangunan.

Spencer mengadopsi standar utilitarian nilai tertinggi – kebahagiaan terbesar dari jumlah terbesar – dan puncak dari proses evolusi akan memaksimalkan utilitas. Pada individu-individu masyarakat yang sempurna tidak hanya akan mendapatkan kesenangan dari pelaksanaan altruisme (‘kebaikan positif’) tapi akan bertujuan untuk menghindari menyakiti orang lain (‘kebaikan negatif’). Mereka juga akan naluriah menghormati hak-hak orang lain, yang mengarah ke ketaatan universal prinsip keadilan – setiap orang memiliki hak untuk jumlah maksimum kebebasan yang kompatibel dengan kebebasan seperti di lain. ‘Liberty’ ditafsirkan berarti tanpa adanya paksaan, dan berkaitan erat dengan hak milik pribadi. Spencer disebut ini kode ‘Etika Absolute’ perilaku yang menyediakan sistem moral ilmiah-grounded yang bisa menggantikan sistem etika supranatural berbasis masa lalu. Namun, ia mengakui bahwa warisan konstitusi moral kita saat ini tidak mengizinkan kita untuk berperilaku secara penuh sesuai dengan kode Etik Absolute, dan untuk alasan ini kami membutuhkan kode ‘Etika Relatif’ yang memperhitungkan faktor distorsi dari ketidaksempurnaan kita sekarang .
Pandangan khas Spencer dari musikologi juga berkaitan dengan etika nya. Spencer berpikir bahwa asal mula musik dapat ditemukan dalam pidato berapi-api. Pembicara memiliki efek persuasif tidak hanya oleh penalaran kata-kata mereka, tetapi dengan irama dan nada – kualitas musik dari suara mereka berfungsi sebagai “komentar terhadap emosi atas proposisi intelek,” seperti Spencer menaruhnya.

Musik, dipahami sebagai perkembangan tinggi dari karakteristik pidato, membuat kontribusi terhadap pendidikan etika dan kemajuan spesies. “Kapasitas aneh yang kita miliki untuk terpengaruh oleh melodi dan harmoni, dapat diambil untuk menyiratkan bahwa itu adalah baik dalam kemungkinan alam untuk mewujudkan intenser mereka senang mereka samar-samar menyarankan, dan bahwa mereka dalam beberapa cara terlibat dalam realisasi dari mereka Jika demikian kekuatan dan makna musik menjadi dipahami, tetapi sebaliknya mereka adalah misteri “..

Tahun terakhir Spencer yang ditandai dengan runtuhnya optimisme awal nya, diganti bukan oleh pesimisme tentang masa depan umat manusia. Namun demikian, ia mengabdikan banyak dari usahanya dalam memperkuat argumen dan mencegah mis-interpretasi dari teori monumental non-interferensi.

Agnostisme

Reputasi Spencer antara Victoria berutang banyak untuk agnostisisme nya. Dia menolak teologi sebagai mewakili ‘ketiadaan rasa hormat dari orang-orang saleh. ” Dia adalah untuk mendapatkan ketenaran banyak dari penolakan terhadap agama tradisional, dan sering dikutuk oleh para pemikir agama karena diduga mendukung ateisme dan materialisme. Meskipun demikian, tidak seperti Huxley, yang agnostisisme adalah kredo militan diarahkan pada ‘dosa yang tak terampunkan iman’ (dalam ungkapan Adrian Desmond), Spencer bersikeras bahwa ia tidak peduli untuk merusak agama atas nama ilmu pengetahuan, tetapi untuk membawa rekonsiliasi keduanya.

Mulai baik dari keyakinan agama atau dari ilmu pengetahuan, Spencer berpendapat, kita akhirnya didorong untuk menerima sangat diperlukan tertentu tetapi gagasan harfiah tak terbayangkan. Apakah kita prihatin dengan Pencipta atau substratum yang mendasari pengalaman kita tentang fenomena, kita bisa membingkai tidak ada konsepsi itu. Oleh karena itu, Spencer menyimpulkan, agama dan sains setuju dalam kebenaran tertinggi bahwa pemahaman manusia hanya mampu pengetahuan ‘relatif’. Ini adalah kasus sejak, karena keterbatasan yang melekat pada pikiran manusia, itu hanya mungkin untuk memperoleh pengetahuan tentang fenomena, bukan dari kenyataan (‘mutlak’) fenomena yang mendasari. Oleh karena itu kedua ilmu pengetahuan dan agama harus datang untuk mengakui sebagai ‘yang paling tertentu dari semua fakta bahwa Power yang memanifestasikan alam semesta kepada kita adalah benar-benar ajaib. ” Ia menyebut ini kesadaran ‘yang tidak bisa diketahui’ dan ia disajikan menyembah tidak bisa diketahui sebagai mampu menjadi iman yang positif yang bisa menggantikan agama konvensional. Memang, ia berpikir bahwa tidak bisa diketahui mewakili tahap akhir dalam evolusi agama, penghapusan akhir dari sisa-sisa terakhir yang antropomorfik.

Pandangan politik

Dilihat Spencerian beredar abad ke-21 berasal dari teori politik dan serangan kenangan pada pergerakan reformasi akhir abad 19. Ia telah diklaim sebagai prekursor dengan libertarian dan anarko-kapitalis. Ekonom Murray Rothbard disebut Statika Sosial “karya tunggal terbesar filsafat politik libertarian yang pernah ditulis.” Spencer berpendapat bahwa negara bukanlah suatu “penting” dan bahwa lembaga itu akan “membusuk” sebagai organisasi pasar sukarela akan menggantikan aspek koersif negara. Ia juga berpendapat bahwa individu memiliki “hak untuk mengabaikan negara.” Sebagai hasil dari perspektif ini, Spencer adalah kasar kritis patriotisme. Dalam menanggapi diberitahu bahwa pasukan Inggris berada dalam bahaya selama Perang Afghanistan Kedua, ia menjawab: “Ketika pria mempekerjakan diri mereka untuk menembak orang lain untuk memesan, bertanya apa-apa tentang keadilan perjuangan mereka, saya tidak peduli jika mereka menembak diri mereka sendiri ”

Politik di Inggris Victorian akhir bergerak dalam arah yang tidak menyukai Spencer, dan argumennya memberikan amunisi begitu banyak untuk konservatif dan individualis di Eropa dan Amerika bahwa mereka masih digunakan di abad ke-21. Ekspresi ‘Belum Ada Alternatif’ (TINA), yang dibuat terkenal oleh Perdana Menteri Margaret Thatcher, dapat ditelusuri untuk penggunaan tegas sebesar Spencer.

Pada 1880 ia mencela “yang Toryism baru” (yaitu, “reformis sayap sosial” dari partai Liberal – sayap sampai batas tertentu memusuhi Perdana Menteri William Ewart Gladstone, ini faksi dari Spencer partai Liberal dibandingkan dengan intervensi “Toryism” orang-orang seperti Konservatif mantan Perdana Menteri Benjamin Disraeli party). Dalam The Man vs Negara (1884), ia menyerang Gladstone dan partai Liberal untuk kehilangan misi yang tepat (mereka harus membela kebebasan pribadi, katanya) dan bukannya mempromosikan undang-undang sosial paternalis (apa Gladstone sendiri disebut “Konstruksi” – unsur dalam partai Liberal modern yang ia menentang). Spencer mencela reformasi tanah Irlandia, wajib belajar, undang-undang untuk mengatur keamanan di tempat kerja, larangan dan hukum kesederhanaan, perpustakaan yang didanai pajak, dan reformasi kesejahteraan. Keberatan utamanya adalah tiga: penggunaan kekuasaan koersif pemerintah, keputusasaan yang diberikan untuk pengembangan diri sukarela, dan mengabaikan dari “hukum kehidupan.” Reformasi, kata dia, adalah sama saja dengan “sosialisme”, yang katanya hampir sama dengan “perbudakan” dalam hal membatasi kebebasan manusia. Spencer keras menyerang antusiasme luas untuk aneksasi koloni dan ekspansi kekaisaran, yang ditumbangkan semua dia telah meramalkan tentang kemajuan evolusi dari ‘militan’ ke ‘industri’ masyarakat dan negara.
Spencer diantisipasi banyak sudut pandang analitis teori libertarian kemudian seperti Friedrich Hayek, terutama dalam “hukum kebebasan yang sama” nya, desakan pada batas-batas pengetahuan prediktif, modelnya tatanan sosial yang spontan, dan peringatan-Nya tentang “tidak disengaja konsekuensi “dari reformasi sosial kolektif

Sementara sering karikatur sebagai ultra-konservatif, Spencer telah menentang kepemilikan pribadi atas tanah, mengklaim bahwa setiap orang memiliki klaim laten untuk berpartisipasi dalam penggunaan bumi. Ia bersimpati kepada Georgism, yang juga mengambil pandangan seperti itu. Dia menyebut dirinya “seorang feminis radikal” dan menganjurkan organisasi serikat tenaga kerja sukarela sebagai benteng melawan “eksploitasi oleh bos”, dan disukai ekonomi diselenggarakan terutama pada pekerja bebas koperasi sebagai pengganti upah tenaga kerja.

Darwinisme Sosial

Spencer kadang-kadang dikreditkan untuk model Darwinis Sosial yang menerapkan hukum survival of the fittest kepada masyarakat, impuls kemanusiaan harus dilawan sebagai apa-apa harus diizinkan untuk mengganggu dengan hukum alam, termasuk perjuangan sosial untuk eksistensi.

Menurut review oleh Geoffrey M. Hodgson, “Darwinisme sosial” istilah pertama kali digunakan dalam jurnal berbahasa Inggris akademik dalam tinjauan buku 1895 oleh ekonom Harvard Frank Taussig (itu telah digunakan sejak tahun 1877 di Eropa). Data Hodgson mengindikasikan bahwa istilah hanya digunakan 21 kali sebelum 1931. Pertama kali Spencer dikaitkan dengan “Darwinisme sosial” adalah dalam ulasan buku 1937 oleh Leo Rogin.

Reputasi Spencer sebagai Darwinis Sosial dapat sebagian besar ditelusuri ke Darwinisme buku Sosial Richard Hofstadter di Amerika Pemikiran 1860-1915, “kritik bermusuhan karya Spencer, yang diterbitkan pada tahun 1944, [yang] dijual dalam jumlah besar dan sangat berpengaruh, terutama dalam bidang akademik lingkaran. Ini menyatakan bahwa Spencer telah menggunakan evolusi untuk membenarkan kesenjangan ekonomi dan sosial, dan untuk mendukung sikap politik konservatisme ekstrim, yang menyebabkan, antara lain, dengan gerakan eugenika.

Dalam istilah sederhana, seolah-olah kalimat Spencer, ‘ survival of the fittest, ‘telah diklaim oleh dia sebagai dasar doktrin politik “Sementara Hofstadter umumnya dikreditkan dengan mempopulerkan istilah dalam bukunya”. Darwinisme Sosial di American Life “itu Talcott Parsons yang membuka jalan bagi Hofstadter. Dalam bukunya yang sangat berpengaruh Struktur Aksi Sosial (1937) menulis bahwa Parsons “Spencer sudah mati” dan kemudian mengajukan pertanyaan:. “? Siapa yang membunuhnya dan bagaimana” Hodgson menemukan bahwa Parsons “memperpanjang penggunaan ‘Sosial Darwinisme ‘dari asosiasi sebelumnya ideologis bagi siapa saja yang percaya pada’ penerapan konsep Darwin variasi dan seleksi untuk evolusi sosial ‘. Tapi tidak jelas siapa yang ada dalam pikiran “.

Penggunaan istilah meroket setelah buku Hofstader yang diterbitkan pada tahun 1944, dan Hofstader sering dikutip dalam literatur sekunder sebagai account otoritatif Filsafat Sintetis. Princeton University ekonom Tim Leonard (2009) berpendapat, dalam Origins pasalnya Mitos Darwinisme Sosial, bahwa karakterisasi berpengaruh Hofstadter dari Spencer cacat.Menurut Roderick Panjang, Leonard berpendapat bahwa “Hofstadter bersalah bebas Spencer distorsi ini pandangan pasar dan melumuri mereka dengan noda kolektivisme Darwin rasis. “Leonard menunjukkan bahwa, melalui pengulangan konstan, Hofstadter Spencer telah diambil pada kehidupan sendiri, pandangan dan argumen yang diwakili oleh beberapa bagian yang sama, biasanya dikutip tidak langsung dari sumbernya tetapi dari kutipan Hofstadter agak selektif. Sementara Spencer melakukan advokasi “survival of the fittest” dalam kompetisi di antara pria, Leonard menekankan bahwa itu tidak akurat untuk memanggil Spencer seorang Darwinis Sosial, karena dia benar-benar memegang pandangan Lamarck: ia percaya bahwa orang tua memiliki sifat melalui tenaga sukarela dan kemudian meneruskannya pada untuk keturunan mereka. Hal ini dapat dimengerti karena buku di mana ia menyatakan sudut pandang ini, Statika Sosial diterbitkan pada tahun 1851, 8 tahun sebelum The Origin of Species karya Charles Darwin.

Klaim bahwa Spencer adalah seorang Darwinis Sosial mungkin memiliki asal dalam pemahaman cacat dukungannya untuk kompetisi. Sedangkan dalam biologi kompetisi dari berbagai organisme dapat mengakibatkan kematian spesies atau organisme, jenis kompetisi Spencer menganjurkan lebih dekat dengan yang digunakan oleh para ekonom, di mana individu atau perusahaan bersaing meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Selain itu, Spencer dilihat amal dan altruisme positif, karena ia percaya pada asosiasi sukarela dan perawatan informal sebagai lawan menggunakan mesin pemerintahan.

Berfokus pada bentuk serta isi “Filsafat Sintetis” Spencer, itu baru-baru ini diidentifikasi sebagai kasus paradigma “Darwinisme Sosial”, dipahami sebagai metafisika bermotif politik sangat berbeda baik dalam bentuk dan motivasi dari ilmu pengetahuan Darwinis.


Pengaruh Umum

Sementara kebanyakan filsuf gagal mencapai banyak pengikut di luar akademi rekan-rekan profesional mereka, oleh 1870-an dan 1880-an Spencer telah mencapai popularitas yang tak tertandingi, karena tipis volume penjualannya menunjukkan. Dia mungkin yang pertama, dan mungkin filsuf, hanya dalam sejarah untuk menjual lebih dari satu juta kopi dari karya-karyanya selama masa hidupnya. Di Amerika Serikat, di mana edisi bajakan masih lumrah, penerbit sah, Appleton, terjual 368.755 eksemplar antara 1860 dan 1903. Angka ini tidak berbeda jauh dari penjualan di Inggris asli nya, dan sekali edisi di seluruh dunia yang ditambahkan dalam sosok juta kopi tampaknya seperti perkiraan konservatif. Seperti William James mengatakan, Spencer “diperbesar imajinasi, dan dibebaskan pikiran spekulatif dokter yang tak terhitung jumlahnya, insinyur, dan pengacara, dari banyak fisikawan dan kimiawan, dan orang awam pada umumnya bijaksana.” Aspek pemikirannya yang menekankan individu perbaikan diri menemukan penonton siap di kelas pekerja terampil.

Pengaruh Spencer di antara para pemimpin pemikiran juga besar, meskipun itu paling sering dinyatakan dalam reaksi mereka terhadap, dan penolakan, ide-idenya. Seperti Amerika pengikutnya John Fiske diamati, ide-ide Spencer itu harus ditemukan “berjalan seperti pakan melalui semua warp” pemikiran Victoria. Pemikir bervariasi Seperti Henry Sidgwick, TH Green, G.E. Moore, William James, Henri Bergson, dan Émile Durkheim mendefinisikan ide-ide mereka dalam kaitannya dengan nya. Divisi Durkheim Kerja dalam Masyarakat adalah untuk sebagian sangat besar perdebatan diperpanjang dengan Spencer, dari yang sosiologi, banyak komentator sekarang setuju, Durkheim meminjam ekstensif.

Dalam posting-1.863-Uprising Polandia, banyak ide-ide Spencer menjadi bagian integral ideologi fin-de-siècle dominan, “Polandia Positivisme”. Penulis terkemuka Polandia periode, Bolesław Prus, memuji Spencer sebagai “Aristoteles dari abad kesembilan belas” dan mengadopsi metafora Spencer masyarakat-organisme sebagai-, memberikan presentasi puitis mencolok pada tahun 1884 kisah mikro-nya, “Mold dari Bumi “, dan menyoroti konsep dalam pengantar untuk novelnya yang paling universal, Firaun (1895).

Awal abad 20 adalah bermusuhan dengan Spencer. Segera setelah kematiannya, reputasinya filosofisnya pergi ke penurunan tajam. Setengah abad setelah kematiannya, karyanya ditolak sebagai “parodi filsafat”, dan sejarawan Richard Hofstadter menyebutnya “metafisika dari intelektual buatan sendiri, dan nabi-agnostik cracker barrel.” Meskipun demikian, pemikiran Spencer telah menembus begitu dalam menuju era Victoria yang pengaruhnya tidak hilang sepenuhnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, perkiraan yang jauh lebih positif telah muncul, serta perkiraan masih sangat negatif .

Meskipun reputasinya sebagai Darwinis Sosial, pemikiran politik Spencer telah multitafsir. Filsafat politiknya berdua bisa memberikan inspirasi bagi orang-orang yang percaya bahwa individu adalah tuan dari nasib mereka, yang seharusnya tidak membiarkan adanya gangguan dari campur tangan negara, dan mereka yang percaya bahwa pembangunan sosial diperlukan otoritas sentral yang kuat. Dalam Lochner v New York, hakim konservatif Amerika Serikat Mahkamah Agung bisa menemukan inspirasi dalam tulisan-tulisan Spencer untuk menohok hukum New York membatasi jumlah jam seorang tukang roti bisa bekerja selama seminggu, atas dasar bahwa undang-undang ini membatasi kebebasan kontrak. Berdebat melawan memegang mayoritas itu bahwa “hak untuk kontrak bebas” adalah tersirat dalam klausul due process of Amandemen keempatbelas, Oliver Wendell Holmes Jr menulis: “Amandemen keempatbelas tidak memberlakukan Statika Sosial Mr Herbert Spencer.” Spencer juga telah digambarkan sebagai seorang anarkis kuasi-, serta anarkis langsung. Marxis teori Georgi Plekhanov, pada tahun 1909 bukunya Anarkisme dan Sosialisme, berlabel Spencer a “Anarkis konservatif.”

Gagasan Spencer menjadi sangat berpengaruh di China dan Jepang terutama karena ia mengimbau agar keinginan reformis ‘untuk membangun negara-bangsa yang kuat yang dapat digunakan untuk bersaing dengan kekuatan Barat. Pemikirannya diperkenalkan oleh sarjana Yen Cina Fu, yang melihat tulisannya sebagai resep untuk reformasi dari negara Qing. Spencer juga mempengaruhi Westernizer Jepang Tokutomi Soho, yang percaya bahwa Jepang berada di ambang transisi dari “Masyarakat militan” ke “masyarakat industri,” dan perlu cepat membuang semua hal Jepang dan mengambil etika Barat dan pembelajaran. Ia juga berhubungan dengan Kaneko Kentaro, memperingatkan dia tentang bahaya imperialisme. Savarkar menulis dalam bukunya Di dalam Camp Musuh, tentang membaca semua karya Spencer, kepentingan yang besar di dalamnya, terjemahan mereka ke Marathi, dan pengaruh mereka pada orang-orang seperti Tilak dan Agarkar, dan kasih sayang julukan yang diberikan kepadanya di Maharashtra – Harbhat Pendse .

Pengaruh pada Sastra

Spencer juga diberikan pengaruh yang besar pada sastra dan retorika. 1.852 esainya, “The Philosophy of Style,” mengeksplorasi tren pendekatan formalis untuk menulis. Sangat terfokus pada penempatan yang tepat dan memesan bagian dari sebuah kalimat bahasa Inggris, ia menciptakan sebuah panduan untuk komposisi yang efektif. Tujuan Spencer adalah prosa bebas menulis dari sebagai “gesekan dan inersia” sebanyak mungkin, sehingga pembaca tidak akan diperlambat oleh berat pembahasan mengenai konteks yang tepat dan makna kalimat. Spencer berpendapat bahwa itu adalah ideal penulis “Untuk itu supaya mempresentasikan ide bahwa mereka dapat ditangkap dengan upaya mental paling mungkin” oleh pembaca.

Dia berargumen bahwa dengan membuat makna yang mudah diakses mungkin, penulis akan mencapai efisiensi komunikatif terbesar mungkin. Hal ini dilakukan, menurut Spencer, dengan menempatkan semua klausa bawahan, benda-benda dan frase sebelum subjek kalimat sehingga, ketika pembaca mencapai subjek, mereka memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk benar-benar memahami maknanya. Sedangkan pengaruh keseluruhan bahwa “The Philosophy of Style” telah di bidang retorika itu tidak jauh sebagai kontribusi ke bidang lain, suara Spencer memberikan dukungan otoritatif untuk dilihat formalis retorika.

Spencer juga memiliki pengaruh terhadap sastra, seperti novelis dan penulis banyak cerita pendek datang untuk mengatasi ide-idenya dalam pekerjaan mereka. George Eliot, Leo Tolstoy, Thomas Hardy, Bolesław Prus, Abraham Cahan, DH Lawrence, Machado de Assis, Richard Austin Freeman, dan Jorge Luis Borges semua Spencer direferensikan. Arnold Bennett sangat memuji Prinsip Pertama, dan pengaruh itu pada Bennett dapat dilihat dalam banyak novel nya. Jack London pergi sejauh untuk membuat sebuah karakter, Martin Eden, sebuah Spencerian setia. Ini juga telah menyarankan bahwa karakter Vershinin dalam bermain Anton Chekhov The Three Sisters adalah Spencerian khusus.

HG Wells menggunakan ide Spencer sebagai tema dalam novel, The Time Machine, mempekerjakan mereka untuk menjelaskan evolusi manusia menjadi dua spesies. Ini mungkin merupakan kesaksian terbaik untuk pengaruh keyakinan Spencer dan tulisan yang jangkauannya sangat beragam. Ia dipengaruhi tidak hanya administrator yang berbentuk masyarakat mereka ‘inner, tetapi juga seniman yang membantu membentuk masyarakat-masyarakat’ cita-cita dan keyakinan.
 Penyusun: Nur Aini Safrida

Posting Komentar untuk "Herbert Spencer dan Pengaruhnya di Berbagai Bidang"